Jumat, 03 Agustus 2012

Korelasi Resolusi Dan Ukuran Layar Dengan Jarak Pandang


Untuk menghitung jarak tampilan terbaik, The Society of Motion Pictures and Television Engineers (SMPTE) dan THX Sertifikasi, merekomendasikan berdasarkan sudut pandang horisoltal. The SMPTE merekomendasikan bahwa sudut pandang horizontal harus 30 derajat. Demikian pula, standar sertifikasi THX juga merekomendasikan jarak berdasarkan sudut pandang dari 36 derajat. 

Jika menghitung jarak pandang berdasarkan rekomendasi SMPTE dan THX Sertifikasi, dengan perhitungan sudut pandang 30-36 derajat, maka dapat dihitung menggunakan rumus phitagoras, dan dapat disimpulkan bahwa perbandingan jarak idealnya adalah 1,8 kali lebar layar televisi.




Korelasi antara jarak pandang, ukuran layar dan resolusi adalah semakin tinggi resolusinya, semakin tinggi juga ketajaman gambar yang dihasilkan, sehingga memungkinkan untuk di nikmati dalam jarak yang lebih dekat. Begitu pula dengan ukuran layar, semakin besar, membutuhkan jarak pandang yang lebih jauh untuk mendapatkan keseluruhan kualitas gambar terbaik.

Berikut adalah tabel jarak pandang ideal untuk setiap ukuran dan resolusi, sebagai panduan menentukan ukuran televisi yang ideal untuk hasil terbaik.


Kesimpulan sementara yang bisa diambil untuk pertanyaan "berapa ukuran televisi yang ideal, dengan jarak pandang 2,5 meter (rata-rata ukuran panjang ruangan 3-4 meter) adalah 42" untuk resolusi HD Ready dan 65" untuk resolusi Full HD.

0 komentar: